Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas Siswa

dalam Belajar Microsoft Excel

di Kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Tanjungbalai

Menggunakan Metode Tutor Sebaya

 

Diajukan untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran

di SMP Negeri 6 Tanjungbalai

 

D

I

S

U

S

U

N

 

OLEH :

PARLINDUNGAN NAPITUPULU, ST

NIP. 19780419.200904.1.003

 TUT-5

 SMP NEGERI 6 TANJUNGBALAI

DINAS PENDIDIKAN KOTA TANJUNGBALAI

2015

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah melimpahkan rahmatNya sehingga dapat menyelesaikan penelitian ini sesuai dengan rencana.

Penulis melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan dan Kreatifitas Siswa dalam Belajar Microsoft Excel di Kelas VIII-4 SMP Negeri 6 Tanjungbalai Menggunakan Metode Tutor Sebaya.

Penulis memilih Microsoft Excel sebagai materi penelitian karena penelitian terjadi pada semester genap sesuai dengan pada Silabus/RPP tentang Microsoft Excel.

Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam melaksanakan penelitian ini hingga selesai.

Penulis menyadari masih banyak kekurangan dari penelitian ini dan masih mengharapkan kritik dan saran untuk hasil penelitian ini. Semoga hasil penelitian ini bermanfaat.

 

 

 

Tanjungbalai,   Juni 2015

PARLINDUNGAN NAPITUPULU, ST
NIP. 19780419.200904.1.003

DAFTAR ISI

 

Kata Pengantar                                                                                                                        i Lembar Pengesahan                                                                                                                ii Daftar Isi                                                                                                                                    iii Abstrak                                                                                                                                      iv

 

BAB I      : PENDAHULUAN ……………………………………………………………..               1

  1. Latar Belakang Masalah ……………………………………………………….. 1
  2. Rumusan dan Pemecahan Masalah …………………………………………. 2
  3. Tujuan dan Manfaat …………………………………………………………….. 3

BAB II    : KAJIAN PUSTAKA/TEORITIS …………………………………………….               3

  1. Hakikat, Interaksi dan Hasil Belajar ……………………………………… 3
  2. Microsoft Excel …………………………………………………………………. 6
  3. Tutor Sebaya………………………………………………………………………. 7

 

BAB III   : METODOLOGI PENELITIAN ……………………………………………..             9

  1. Metode Penelitian …………………………………………………………………..            9
  2. Prosedur Penelitian ……………………………………………………………..                9
  3. Instrumen Penelitian ……………………………………………………………             12
  4. Kerangka Analisis Data ……………………………………………………..                  13
  5. Subyek dan Waktu Penelitian ……………………………………………….                13
  6. Sasaran Penelitian ……………………………………………………………….            15

 

BAB IV   : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ………………………..                16

  1. Hasil Penelitian Siklus Pertama ……………………………………………              16
  2. Hasil Penelitian Siklus Kedua ……………………………………………..                16
  3. Hasil Penelitian Siklus Ketiga ……………………………………………..               17

BAB V   : KESIMPULAN DAN SARAN ………………………………………………          18

  1. Kesimpulan ………………………………………………………………………           18
  2. Saran ……………………………………………………………………………….          18

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

 

 

 

 

 ABSTRAK

 

Di era sekarang kita dituntut untuk menguasai teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu kita harus belajar sejak dini tentang teknologi informasi dan komunikasi dan didukung oleh fasilitas yang memadai di tiap daerah.

Daerah Tanjungbalai termasuk daerah yang sudah terjangkau teknologi, hal ini dapat dilihat dari banyak instansi pemerintah dan sekolah-sekolah sudah menggunakan peralatan teknologi di bidang informasi dan komunikasi. Walau pun demikian, masih banyak masyarakat Tanjungbalai yang belum menguasai tentang penggunaan teknologi informasi. Untuk itu perlu diadakan suatu pelatihan tentang penguasaan teknologi informasi.

Tapi masyarakat Tanjungbalai patut bersyukur karena di sekolah anak-anak sudah belajar tentang teknologi informasi dan komunikasi dan menjadi salah satu mata pelajaran di sekolah yang mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi. Anak-anak tidak perlu membayar uang khursus untuk belajar komputer dan internet di tempat lain.