HARI PAHLAWAN TAHUN 2012

Kilas balik sejarah Bangsa Indonesia Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya yang merupakan rangkaian perjuangan panjang, menjadi peristiwa heroic, Karena memerlukan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu Negara.
Pengorbanan baik jiwa dan raga maupun harta benda dalam merebut dan mempertahankan Republik Indonesia, Kemudian peristiwa tersebut diperingati sebagai Hari Pahlawan, dengan tujuan untuk menumbuh kembangkan nilai kepahlawanan segenap bangsa dan Sebagai modal sosial untuk kemudian mengimplementasikan dan mendayagunakan dalam mengatasi berbagai masalah bangsa seperti kemiskinan, pengangguran, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana dan masalah-masalah sosial lainnya, semangat kepahlawanan yang telah ditunjukkan para pahlawan pejuang dalam pertempuran 10 November 1945, hendaknya dapat kita hayati dan menjadi inspirasi serta sumber motivasi dalam mengisi kemerdekaan dengan berbagai program pembangunan untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan RI

Hari Pahlawan 2012

Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012 yang mengangkat tema dengan “Semangat Kepahlawanan Untuk Indonesia Sejahtera“, bahwa Upacara Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2012 akan diselenggarakan tingkat nasional akan dipusatkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta maka dari itu Kepada Pimpinan Lembaga-Iembaga Negara, Para Menteri, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, Gubernur Bank Indonesia, Para Pimpinan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Gubernur, Bupati, Walikota, Pimpinan BUMN/BUMD, serta Kepala Perwakilan RI di Luar Negeri agar menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan tanggal 10 November 2012 di lingkungan kerja masing-masing dalam suasana khidmat dan sederhana mengacu pada Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012, dan Kiranya juga dapat menjadi momentum untuk terus melestarikan dan mendayagunakan sikap dan perilaku para Pahlawan Kusuma Bangsa. Seperti rela berkorban, pantang menyerah, percaya pada kemampuan diri sendiri, tanpa pamrih, dengan dilandasi kesetiakawanan sosial yang tinggi.

Untuk membangun karakter bangsa berdasarkan Pancasila dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. Diharapkan dapat terbangun karakter bangsa yang kuat dan kokoh untuk dapat dijadikan sebagai energi penggerak kemajuan bangsa. Dengan demikian, bangsa ini tidak akan terombang ambing di tengah derasnya arus globalisasi.

Menumbuhkembangkan nilai-nilai Kepahlawanan kepada masyarakat khususnya generasi muda melalui peringatan hari pahlawan. Melibatkan semua unsur masyarakat dan komponen bangsa dan Berikut ini Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012 yang saya kutip dari Sumber :

Ikhtisar Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2012

1. TEMA : Semangat Kepahlawanan Untuk Indonesia Sejahtera
2. SIFAT UPACARA : Khidmat, Tertib dan Sederhana.
3. TANGGAL UPACARA :  Hari Sabtu, 10 November 2012
4. WAKTU DAN TEMPAT UPACARA :  Pukul 08.00 waktu setempat di lapangan terbuka.
5. URUTAN UPACARA BENDERA:
a. Penghormatan umum kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
b. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara.
c. Pengibaran bendera Merah Putih, diiringi Lagu Kebangsaan “Indonesia Raya ” yang dinyanyikan oleh seluruh peserta upacara.
d. Mengheningkan cipta, dipimpin oleh Pembina Upacara.
e. Pembacaan Pancasila.
f. Pembacaan Pembukaan UUD’45.
g. Pembacaan pesan-pesan Pahlawan/kata-kata mutiara (ditentukan panitia).
h. Amanat Pembina Upacara.
i. Pembacaan Do’a.
j. Laporan Komandan Upacara kepada Pembina Upacara
k. Penghormatan kepada Pembina Upacara dipimpin oleh Komandan Upacara.
l. Upacara selesai.

Catatan :

Bila Upacara terpaksa tidak dapat dilaksanakan di lapangan terbuka, pengibaran Bendera Merah Putih diganti dengan Bendera Merah Putih yang sudah dipasang di tiang. Namun pokok-pokok acara lainnya wajib diikuti dengan penyesuaian seperlunya.

Petunjuk Pelaksanaan Hening Cipta Secara Serentak 60 Detik
1. Untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur membela bangsa dan negara, akan dilaksanakan Hening Cipta secara serentak selama 60 detik di seluruhIndonesia.
2. Hening Cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 10 November 2012, pada pukul : 08.15 waktu setempat; bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan.
3. Hening Cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan :
a. Di Pusat Jakarta : pada Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata Jakarta sebagai titik komando ditandai dengan bunyi sirine di Taman Makam Pahlawan Nasional Kalibata selama 1 menit.
b. Di Provinsi dan Kabupaten- Kota : Pada Upacara Bendera di halaman Kantor Gubernur – Kabupaten- Kota, sebagai titik komando ditandai dengan bunyi sirine di tempat-tempat upacara antara lain Kantor-kantor/Instansi Pemerintah, Swasta dan lain-lain, selama 1 menit.
c. Di Kecamatan – Kelurahan – Desa pada Upacara Bendera di tempat upacara sebagai titik komando ditandai dengan bunyi kentongan di tempat upacara selama 1 menit.
4. Setiap orang yang mendengar tanda-tanda dimulainya Hening Cipta wajib menghentikan kegiatan selama 60 detik untuk Hening Cipta, yaitu yang berada di :
a. Pasar, Stasiun Kereta Api, Terminal Bis, Pelabuhan Udara – Laut dan tempat keramaian lainnya.
b. Rumah-rumah.
c. Jalan Raya dalamkota.
d. Kantor, Sekolah dan Pabrik yang tidak terlibat pada Upacara Bendera.
e. Dalam kendaraan umum/pribadi yang berada di jalan raya (dalamkota) agar menghentikan kendaraannya.
f. Kapal Laut, Hening Cipta diumumkan oleh Nakhoda Kapal.
g. Pesawat Terbang, Hening Cipta diumumkan oleh Pilot.
h. Kereta Api yang sedang berjalan :
– Kereta Api Utama, Hening Cipta diumumkan oleh Ketua Regu yang berada di dalam gerbong restorasi.
– Kereta Api Non Utama, Hening Cipta diumumkan oleh Kepala Stasiun terdekat sebelum berangkat menjelang pukul 08.15 WIB.

5. Penghentian kegiatan kerja saat Hening Cipta dikecualikan bagi :
a. Mereka yang melakukan tugas di rumah sakit dan kegiatan yang tidak dapat ditinggalkan
b. Kereta Api yang sedang berjalan.
c. Kendaraan mobil ambulance jenazah yang sedang bertugas.
d. Kendaraan mobil pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.
e. Kendaraan yang sedang di luar kota dan jalan tol.
f. Mereka yang sedang menjalankan tugas pengamanan antara lain : Polisi Lalu Lintas/Hansip
g. Kru Pesawat Terbang yang sedang mengudara.
h. Kru Kapal Laut yang sedang berlayar.
6. Pelaksanaan Hening Cipta secara serentak agar dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian, Pemda, Satuan Pengamanan (Satpam) dan Hansip setempat.

7. Penyebaran informasi Hening Cipta 60 detik secara serentak agar memanfaatkan media cetak / elektronik televisi, radio, sms, internet , mobil unit Kementerian Penerangan dan media lainnya seperti para Khotib di Masjid-masjid, Pengkhotbah di Gereja-gereja dan tempat peribadatan lainnya.

8.Demikian, untuk dilaksanakan sebaik-baiknya.

PANITIA PUSAT PERINGATAN
HARI PAHLAWAN TAHUN 2012 Unduh Dokumen Lengkap Pedoman Hari Pahlawan 2012 dan Pedoman Pelaksanaan Peringatan Hari Pahlawan 2012 dalam format PDF dapat dibaca/diunduh pada link berikut: www.setneg.go.id | www.indonesia.go.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s