Filipina Gempa 7,9 SR Indonesia Diambang Tzunami

Gempa yang mengguncang Filipina menghancurkan jalan dan jembatan di negara itu. Warga di sekitar pusat gempa pun mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Dilansir dari Reuters, Jumat (31/8/2012), US Geological Survey dan Pacific Tsunami Warning Center merevisi kekuatan gempa yang sebelumnya disebut berkekuatan 7,9 skala richter itu. Kekuatan gempa itu dinyatakan sebesar 7,6 skala richter.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik sebelumnya juga sempat mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa wilayah di Pasifik, seperti di Jepang, Taiwan, dan Papua Nugini. Tetapi kemudian peringatan tsunami hanya ditujukan untuk Filipina dan Indonesia.

Radio setempat melaporkan, gempa itu telah merusak jalan dan jembatan di wilayah Samar, yang menjadi pusat gempa. Masyarakat di wilayah itu juga mengungsi ke daerah yang lebih tinggi.

“Orang-orang melarikan diri ke tempat yang lebih tinggi,” laporan dari Ben Evardone, salah satu anggota senat Filipina dalam siaran di radio lokal.

Gempa 7,6 skala richter itu terjadi pada pukul 19.47 WIB. Pusat gempa ada di 163 Km sebelah timur lepas pantai Kota Guiuan, Samar, dengan kedalaman 20 Km.(rtr/dtk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s