Pengumuman Hasil UN 2012

99,5% Siswa Lulus SMA, Pengumuman Serentak 26 Mei

 Siswi SMAN 2 Kuningan Raih Nilai UN Murni Tertinggi

Jakarta Pengumuman kelulusan bagi siswa SMA di Tanah Air akan diumumkan secara serentak Sabtu 26 Mei 2012 lusa. Kira-kira siapa yang meraih nilai ujian nasional (UN) murni tertinggi? Rupanya nilai tertinggi diraih oleh seorang siswi dari SMAN 2 Kuningan, Jawa Barat.

Berdasarkan data yang dirilis Kemendikbud pada Kamis (24/5/2012), siswi yang namanya masih dirahasiakan ini mendapat nilai 58,60 untuk UN-nya. Sedangkan di peringkat kedua terdapat siswi dari SMA Negeri 2 Lamongan, Jawa Timur. Perolehan nilai UN murninya adalah 58,50.

Seorang siswi asal SMAN 4 Denpasar juga memperoleh nilai 58,50. Sedangkan siswi asal SMA Santa Ursula Jakarta juga berada di daftar peraih nilai UN tertinggi dengan jumlah nilai 58,45. Nilai 58,45 juga diraih oleh siswa SMAN 2 Lamongan, siswa SMAN 1 Ponorogo Jawa Timur, siswa SMAN 1 Sidoarjo Jawa Timur, dan siswa SMA Pasundan 1, Jawa Barat.

Beberapa sekolah juga mencatat angka kelulusan 100 persen. Misalnya saja SMAN 10 Fajar Harapan di Kota Banda Aceh, SMAN 1 Cibitung Bekasi, SMAN 4 Denpasar Bali, dan SMAN 2 Lamongan.

Sementara itu untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tingkat kelulusan pada 2012 ini mencapai 99,60 persen. Dari 414.202 siswa, ada 1.671 orang yang tidak lulus. Tingkat kelulusan ini sedikit lebih baik dari tahun sebelumnya, di mana tingkat kelulusannya 99,51 persen.

Siswi dari SMKN 2 Semarang, Jawa Tengah yang namanya masih dirahasiakan menduduki peringkat pertama perolehan nilai UN murni dengan perolehan 29,60. Angka yang sama diraih oleh siswi dari SMK Mitra Batik, Tasikmalaya, Jawa Barat dan siswa SMKN 1 Katapang, Jawa Barat.

Beberapa SMK tercatat memiliki rata-rata nilai UN murni tinggi. Misalnya saja SMK Taman Siswa Sawit Seberang, Kabupaten Langkat, Sumut. Nilai rata-rata UN murninya 9,23. SMK Pacet, Mojokerto, Jawa Timur mencatat rata-rata nilai UN siswanya 9,20. Sedangkan SMKN 1 Lamongan, nilai rata-rata siswanya 9,19.

Jatim Peringkat Terbaik
Provinsi-provinsi terbaik yang mencatat persentase ketidaklulusan paling sedikit setelah Jatim berturut-turut adalah Sulawesi Utara (0,09 persen), Bali (0,10 persen), Jawa Barat (0,10 persen), dan Sumatera Utara (0,12 persen).

Sedangkan provinsi yang mencatat persentase ketidaklulusan siswa SMA terbanyak adalah NTT (5,50 persen), Gorontalo (4,24 persen), Papua Barat (2,42 persen), dan Kalimantan Barat (1,49 persen).

Kelulusan peserta didik SMA/MA ditetapkan berdasarkan perolehan nilai akhir (NA). NA diperoleh dari penjumlahan 60 persen nilai ujian nasional dan 40 persen nilai sekolah/madrasah. Peserta didik SMA/MA dinyatakan lulus jika nilai rata-rata NA paling rendah 5,5 dan nilai tiap mata pelajaran paling rendah 4,0.

Nuh mengatakan pada 26 Mei, sekolah diberi kewenangan untuk mengumumkan kelulusan siswanya. Dia pun meminta masing-masing kepala sekolah untuk mengkoordinasikan dengan jajaran sekolah dalam mengumumkan kelulusan ini.

“Masalah online atau offline (pengumumannya), yang kita punya itu nilai UN murni. Sedangkan kelulusan itu bukan hanya UN murni. Ada nilai dari sekolah. Jadi kelulusan itu ditentukan institusi pendidikan masing-masing,” papar dia.

Terkait kecurangan UN, menurut Nuh sangat sulit mendapatkan data jika dilaporkan saat UN sudah selesai. Dia berharap nantinya jika ada laporan kecurangan UN, maka disampaikan dengan dua variabel yakni waktu dan tempat.

“Juga jangan kunci jawaban abcd, tapi naskah soalnya (juga diberikan). Tapi sampai batas waktu tertentu naskah soal tidak disampaikan,” ucap Nuh.

Menurutnya, jika kecurangan UN dilaporkan setelah UN selesai ibarat laporan handball saat pertandingan sepakbola. “Dikatakan handball saat peluit panjang ditiup, jadi ngasih kartu kuningnya susah. Yang kita inginkan naskah, bukan jawaban abcd,” terang Nuh sembari mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang sudah berupaya melaporkan kecurangan.(dtk)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s